Menjadi guru yang menyenangkan, menginspirasi dan dirindukan

Alhamdulillah pada Rabu, 08 Juli 2020 saya berkesempatan untuk kuliah whatsapp group Mengajar Gaya Motivator (MGM) yang dibimbing langsung oleh coach Aris Ahmad Jaya. Hari ini merupakan sesi ke 1 dari 8 sesi yang ada.

Materi yang disampaikan sangat luar biasa, mendalam, menggugah, memotivasi dan menginspirasi untuk para guru cerdas Indonesia. Cara memaparkan materi oleh pak Aris sangat santai, enak didengar dan mudah diterima.

Baik, saya akan mencoba menyimpulkan apa yang diperoleh dari pertemuan sesi pertama ini

Berdasarkan niat seseorang menjadi guru, ada 2 tipe : Guru betulan .Guru yang punya energi untuk berteu siswa dan menularkan ilmu kepada siswanya. Guru kebetulan. Guru kebetulan ada lowongan, ada yayasan orang tua yang butuh guru, ada teman yang mengajak dari pada nganggur maka jadi guru. Namun guru kebetulan akan dapat menjadi guru betulan. Ketika timbul kesadaran ini merupakan proses baik untuk dijalani.

Ada 3 tipe guru : Guru nyasar. Guru yang tidak punya tujuan dan tidak berenergi. Guru bayar. Bekerja karena ada gaji. Mengajar karena energi uang. Tanggal muda mengajar dengan ceria..Guru sadar. Guru yang kehadirannya dinantikan dan pembelajaran menyenangkan.

Peran seorang guru yang sesungguhnya

  1. Mengajar
  2. Mendidik
  3. Menginspirasi
  4. Menggerakkan

Jadilah guru yang menarik dan menyenangkan

Pada diri siswa ada 2 pintu yaitu pintu mengizinkan (siswa menyukai/menerima sosok guru dan pembelajarannya ) dan pintu tidak mengizinkan ( siswa tidak menyukai sosok guru dan pembelajarannya ). Maka guru berupaya agar pintu yang tertutup dapat menjadi terbuka.

Mainkan games dan simulasi. Untuk menstimulasi kesiapan siswa dalam belajar. Tangkap basah kebaikan dan tempa besi selagi panas. Maksudnya, apresiasi siswa tidak menunggu naik kelas atau punya prestasi nasional namun hargai prosesnya.

Demikian resume pertemuan pada sesi pertama ini. Semoga banyak memberi manfaat untuk para guru hebat indonesia serta merubah kekeliruan yang mungkin telah terjadi selama ini.

10 Replies to “Menjadi guru yang menyenangkan, menginspirasi dan dirindukan”

Tinggalkan komentar

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai