Saat Kejujuran Di Uji

Masa pandemi covid-19 saat ini memberikan banyak perubahan hampir dalam semua sendi kehidupan. Dunia pendidikan pun tak luput mengalami dampak dari pandemi ini. Di awali dengan dihapusnya Ujian Nasional, pembelajaran dilakukan dengan sistem daring, penilaian akhir tahun (PAT) pun pelaksanaanya juga secara online.

Pada bulan Juni ini PAT sedang berlangsung di semua  jenjang SD, SMP dan SMA/SMK. Mulai dari pembuatan soal, platform yang digunakan, muatan materi yang diujikan menjadi pertimbangan bagi setiap sekolah agar efektif dan berdampak positif. Namun ada juga sekolah yang mengadakan PAT semi online, ketika soal selesai dicetak maka akan diantarkan ke rumah para siswa.

Ketika PAT online dilaksanakan maka tidak ada pengawasan dari guru, teman sejawat bahkan tidak semua orang tua dapat mendampingi/mengawasi ananda selama ujian berlangsung. Maka disinilah ujian atas karakter kejujuran dalam diri siswa di uji. Peluang untuk mengerjakan soal ujian dengan “curang” sebenarnya terbuka lebar. Namun kembali pada karakter yang selama ini tumbuh dalam diri setiap siswa. Jika kejujuran tumbuh menjulang dalam dirinya, dimana pun, kapan pun, ada yang melihat atau tidak maka sikap jujur akan selalu hadir.

Kecerdasan emosional spiritual menjadi modal penting untuk menumbuhkan keseimbangan antara kecerdasan intelektual, kecerdasan emosi, dan kecerdasan spiritual. Dengan merasakan adanya pengawasan dari Allah Yang Maha Melihat, maka setiap insan khususnya siswa akan bersikap jujur dalam sikap, kata dan perbuatan. Sehingga jika faktor kecerdasan emosional spiritual telah di pupuk sejak dini, insya Allah di mulai dari mengerjakan soal dengan jujur tidak menjadi hambatan lagi bagi siswa.

Dengan adanya pelaksanaan PAT secara online akan turut mewujudkan para calon pemimpin masa depan yang jujur, cerdas dan berakhlak mulia. Ujian sebenarnya adalah ujian kejujuran. Kejujuran akan membawa pada ketenangan dan kebahagiaan…

12 Replies to “Saat Kejujuran Di Uji”

Tinggalkan komentar

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai