MENGAJAR PROGRAM KELAS TAMBAHAN

Kondisi pandemi saat ini membuat banyak perubahan dalam tatanan kehidupan. Dunia pendidikan pun tak dapat menghindari atas perubahan yang terjadi sebagai efek pandemi. Sejak pertengahan Maret lalu proses belajar dari rumah (BDR) telah dilaksanakan. Hal ini sesuai dengan Surat Edaran Kemendikbud Nomor 15 Tahun 2020 tentang pedoman penyelenggaraan belajar dari rumah dalam masa darurat penyebaran Covid-19. Tujuan dari pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) adalah memastikan pemenuhan hak peserta didik untuk mendapatkan layanan pendidikan selama darurat Covid-19. Selain itu dapat melindungi, mencegah penyebaran dan penularan Covid-19 pada satuan pendidikan.

Saat pandemi ini banyak pihak merasa prihatin serta berupaya membantu agar penyelengaraan BDR dapat maksimal. Harapannya agar transfer ilmu dari guru kepada siswa serta penanaman karakter tetap berjalan dengan baik. Radio Republik Indonesia (RRI) pun turut andil dalam hal ini dengan sebuah program yang dilaksanakan oleh RRI seluruh wilayah Indonesia. RRI menyelenggarakan program “ Belajar di RRI Kelas Tambahan”. Program ini ditujukan bagi pelajar tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah atas serta mahasiswa.

Pada kegiatan belajar di RRI kelas tambahan ini, menghadirkan para guru dan dosen sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing. Harapannya dengan program tersebut, dapat membantu pemahaman siswa dan mahasiswa akan bahan ajar yang telah atau akan diberikan selama pelaksanaan BDR. Siswa serta mahasiswa juga dapat turut andil dengan memberi pertanyaan selama pelaksanaan kegiatan. Dengan adanya interaksi timbal balik sehingga seperti menghadirkan suasana pembelajaran di dalam kelas. Siswa maupun mahasiswa dapat melayangkan pertanyaan melalui chat WA, chanel youtube ataupun via layanan telepon.

Saya bersyukur diberikan kesempatan oleh pihak sekolah serta RRI Bengkulu untuk dapat berbagi pada program belajar di RRI kelas tambahan ini. Tepatnya pada tanggal 7 September 2020 pukul 10.00-11.00 WIB. Dengan materi ajar yaitu ikatan kimia. Semoga melalui materi ajar yang saya sampaikan dapat membantu pemahaman para siswa tingkat sekolah menengah atas yang ada di provinsi Bengkulu untuk pelajaran kimia. Ini merupakan pengalaman yang luar biasa karena pertama kalinya mengajar kepada seluruh siswa tingkat SMA di sepuluh kabupaten kota yang ada di Bengkulu. Semoga makin banyak pihak yang peduli serta memberi dukungan akan terlaksananya proses pendidikan dengan baik pada masa pandemi.

13 Replies to “MENGAJAR PROGRAM KELAS TAMBAHAN”

Tinggalkan komentar

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai